GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Atlet Triathlon Asal Jabar Juarai Kejurnas Piala Kapolres Situbondo 2024

Salah satu atlet Triathlon Men Elite Kejurnas Piala Kapolres Situbondo 2024, Minggu (2/6/2024) saat memasuki garis finish. (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Puluhan atlet triathlon pada nomor male elite dan female elite berlaga pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Triathlon Piala Kapolres Situbondo Cup 2024 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024).

Sebanyak 53 atlet dari 16 provinsi yang bertanding harus menyelesaikan 3 sessions perlombaan yakni berenang sepanjang 750 meter, lalu bersepeda 20 dari Pasir Putih ke Panarukan dan lari 5 kilo meter dari Panarukan hingga masuk finish di Polres Situbondo.

Keluar sebagai pemenang dalam kejurnas Triathlon Piala Kapolres Situbondo 20024 katagori male elite, yakni Rashif Amila Yaqin dari Jawa Barat, disusul Bima Muslim Perdana dari Papua, Ronald Bintang Setiawan dari Jatim, Hauqalah Fakhal Arvyello dari Jatim, dan pemenang kelima yakni Muhammad Noval Asshidiq.

Sedangkan untuk nomor female elite, Martina Ayu Pratiwi dari Jawa Timur sebagai juara pertama disusul, Binta Erlen Salsabila dari Jawa Timur, Renata Berliana dari Aceh, Stephanie Elita Belinda dari Jawa Timur, dan juara kelima yakni Zahra Bulan Aprilia dari Jawa Barat.

Juara Triathlon Kejurnas Piala Kapolres Situbondo, katagori men elite Rashif Amila Yaqin mengakui Rute di Kejurnas Piala Kapolres Situbondo 2024 itu sebagai rute Triathlon terbaik yang pernah dia ikuti.

"Venue triathlon di Kabupaten Situbondo. Ombaknya yang tenang memudahkan atlet saat berenang, jalur sepeda dan lintasan lari yang steril dari kendaraan, patut diapresiasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia, Armand Van Kempen mengatakan ajang kejurnas Aquathlon, Duathlon, Triatlhon yang dilaksanakan di Kabupaten Situbondo ini akan dilaporkan ke panitia konferensi Triathlon Internasional sebagai bahan acuan agar Kabupaten Situbondo bisa ditempati pelaksanaan kejuaraan triathlon tingkat Asean.

"Semoga saja usulan kita diterima oleh panitia konferensi Triathlon Internasional yang sedang berlangsung di Qatar," pungkasnya.

Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengaku, bahwa event bergengsi ini harus terus dilaksanakan di Kabupaten Situbondo, agar Situbondo lebih dikenal lagi.

"Event seperti ini sangat menguntungkan bagi Situbondo, karena akan lebih dikenal secara nasional hingga dunia," ujarnya.e

Sektor perekonomian juga akan memberikan dampak positif, karena semakin banyak orang luar daerah datang ke Situbondo, maka perputaran roda perekonomian akan semakin baik dan maju. "Oleh karena itu, event semacam ini harus terus dilaksanakan. Misalkan tahun depan mungkin saya sudah pindah dan Polres tidak menyelenggarakan, harus pemkab yang ambil," Pungkasnya.

0Komentar