GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Gelontorkan Puluhan Miliar Bangun GOR Bung Karna, Pemkab Situbondo Targetkan Selesai Akhir 2024

Bupati Situbondo, Karna Suswandi berserta Forkopimda saat menekan sirine  meletakan batu pertama (Groundbreaking) Gelanggang olahraga (GOR) Bung Karna, Rabu (19/6/2024). (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Pembangunan gelanggang olahraga (GOR) baru di kabupaten Situbondo dengan nama 'Bung Karna' resmi dimulai bertepatan dengan ditekannya sirine peletakan batu pertama (Groundbreaking) oleh Bupati Kabupaten Situbondo, Karna Suswandi, Rabu (19/6/2024).

Tidak tanggung-tanggung untuk menyukseskan pembangunan GOR Bung Karna ini, Pemkab Situbondo menggelontorkan Anggaran APBD dan DBHCHT sebesar total 30,8 miliar rupiah.

Acara yang dilaksanakan di Dusun Bataan, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo lokasi pembangunan GOR Bung Karna ini dihadiri oleh pimpinan komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat se Situbondo serta perwakilan seluruh ketua cabang olahraga KONI Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi kepada wartawan menyampaikan pembangunan GOR Bung Karna merupakan upaya pemerintah kabupaten Situbondo untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat agar bisa leluasa berolahraga.

"Selain program Sehati untuk masyarakat Situbondo yang sakit, agar tidak mudah sakit masyarakat juga harus berolahraga, sehingga GOR Bung Karna ini bisa jadi tempat segala aktivitas olahraga, bisa lari, voli, basket, kecuali sepakbola yang tidak bisa," ungkap Bupati Karna.

Tidak hanya itu, pembangunan GOR tersebut kata Karna Suswandi diharapkan menjadi pusat olahraga bahkan nantinya Pro Liga bisa dilaksanakan di GOR Bung Karna Situbondo.

"Event olahraga tingkat nasional bakal bisa dilaksanakan di Kabupaten Situbondo, dengan seperti itu, orang-orang dari liar kota bakal bermalam di kabupaten Situbondo, beli makanan di Situbondo, beli Oleh-oleh di Situbondo, maka peredaran uang di Kabupaten Situbondo bakal meningkat, pendapatan daerah baik, UMKM dan masyarakat juga mendapatkan manfaatnya," ungkapnya.
Lokasi pembangunan GOR Bung Karna, Dusun Bataan, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.
Oleh karena itu, Karna Suswandi berharap GOR Bung Karna ini dapat menjadi berkah bagi masyarakat, dan bisa menjadi tempat masyarakat mendapatkan rejeki dengan berjualan nantinya.

"Insyaallah pertengahan 2025 GOR Bung Karna sudah bisa digunakan untuk segala event dan kegiatan olahraga, dengan seperti itu tingkat perekonomian Situbondo bisa meningkat, PAD bisa meningkat, dan semoga dengan seperti itu kemandirian fiskal bisa terwujud," Tegasnya.

Sementara itu, Samsuri selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Situbondo, menjelaskan pembangunan GOR Bung Karna tersebut akan berdiri di lahan seluas 1,2 hektar dengan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Situbondo Tahun 2024 dan DBHCHT sebesar kurang lebih 30,8 miliar rupiah.

"Target pembangunan gedung utama GOR selesai pada akhir tahun 2024, sedangkan untuk landscape dan bisa digunakan pada pertengahan tahun 2025," Pungkasnya. (Kutipantau/BS)

0Komentar