GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Grebek Sampah, Cara DLH Situbondo Peringati Hari Lingkungan Hidup se Dunia

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo saat melaksanakan kegiatan Grebek Sampah di Alun-alun Situbondo, Sabtu (8/6/2024). (Foto: kutipantau)

SITUBONDO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo membuat kegiatan inovatif bertajuk 'Grebek Sampah' dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024.

Dalam giat peringatan hari lingkungan hidup se-Dunia tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Situbondo Peduli Bumi, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, Paiton Energi, POMI, PT Nusantara Sebelas Medika, Alfamart, Indomaret dan IP Freedom, melaksanakan Grebek Sampah, Sabtu (08/06/2024) di alun-alun Situbondo.

Menariknya dalam kegiatan ini, DLH menyediakan puluhan tempat sampah portabel yang disebar dibeberapa titik ditengah alun-alun. Selain itu, DLH juga mengadakan kuis yang ternyata sukses menarik perhatian anak-anak yang sedang menikmati malam Minggu bersama keluarga di alun-alun Situbondo.

Kepala DLH Situbondo, Ahkmad Yulianto menjelaskan dasar pelaksanaan Kegiatan Grebek Sampah itu adalah kerisauan ketika melihat sampah alun-alun yang sangat banyak berserakan saat malam Minggu, sehingga DLH berinisiatif untuk melakukan kegiatan menaruh tempat sampah dibeberapa titik di alun-alun agar masyarakat tidak perlu jauh membuang sampah.

"Tujuannya mengajak semua masyarakat untuk mencintai dan melindungi lingkungan hidup dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan adanya kegiatan Grebek Sampah, saya harapkan masyarakat mampu mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai dan menanam pohon biar Situbondo Tercinta ini tidak terlalu panas," kata Ahkmad Yulianto, Sabtu (8/6/2024).

Selain itu, DLH dengan beberapa pihak tersebut juga menyediakan puluhan hadiah menarik untuk masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan dan juga bisa menukarkan sampah plastik dengan beberapa hadiah seperti tumbler, mug, tas belanja.

"Diluar ekspektasi, ternyata yang tertarik dengan cara grebek sampah ini mayoritas anak kecil, yang awalnya bermain tiba-tiba mendatangi stand kegiatan dengan menukarkan sampah sedotan plastik, botol plastik dengan hadiah, selain itu sampah yang ditaruh di beberapa titik terbukti efektif mengurangi sampah saat malam Minggu di alun-alun," ujar Yuli.

Untuk itu, kata Yulianto, DLH Situbondo mengajak masyarakat untuk bersama-sama menghijaukan Situbondo dengan tidak membuang sampah sembarang dan membudayakan 3R, Reduce, Reuse dan Recycle.

"Kurangi penggunaan plastik sekali pakai, buang sampah pada tempat sesuai jenisnya, daur ulang sampah anorganik sehingga dapat digunakan kembali dan bernilai lebih, dan jangan lupa jaga lingkungan dengan menanam pohon," imbuhnya.

Tempat sampah portabel itu, lanjut Yuli akan diletakan setiap malam Minggu dan akan diambil tengah malam. "Ini berkelanjutan nanti ada petugas dari DLH yang menaruh dan mengambil tempat sampah portabel itu setiap malam Minggu," Pungkasnya.

Sebagai informasi, giat peringatan hari lingkungan hidup se-Dunia oleh DLH Situbondo dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu (8/6/2024) hingga Minggu (9/6/2024) ditutup dengan kegiatan penukaran sampah plastik dengan bibit pohon dan kompos (red- tersedia 1000 bibit serta 650 kompos).

0Komentar