GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Sambut Hari Raya idul Adha 1445 Hijriah, Pemkab Situbondo Gelar Gema Takbir

 

Gema takbir pemerintah Kabupaten Situbondo di Alun-alun Situbondo, Minggu (16/6/2024). (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijiriah atau 2024 Masehi yang jatuh pada hari Senin (17/6/2024) pemerintah kabupaten situbondo mengadakan gema takbir bersama di Paseban alun-alun setempat, Minggu (16/6/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Situbondo dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para camat se Situbondo serta masyarakat ini dibuka langsung oleh Bupati, Karna Suswandi dengan pemukulan bedug secara simbolis, kemudian diikuti gema takbir oleh semua yang hadir.

Selaku ketua panitia, Sekretaris Daerah setempat, Wawan Setiawan menjelaskan kegiatan peringatan hari raya idul Adha 1445 H adalah sebagai refleksi suri tauladan ketaatan nabi Ibrahim kepada Allah SWT.

"Pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi ini kabupaten Situbondo telah menyerahkan hewan qurban sebanyak 20 ekor sapi di 17 kecamatan dengan rincian 3 pondok pesantren, 3 Masjid Besar dan 14 masjid Jamik," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Karna Suwandi dalam sambutannya mengatakan jika Hari Raya Idul Adha adalah kesempatan yang diberikan oleh Allah kepada umat Islam untuk lebih bertakwa kepada Allah SWT.

"Idul Adha atau Idul Qurban dan juga disebut Hari Raya Haji ini tidak terlepas dari kisah nabi Ibrahim yang Allah SWT uji ketakwaannya dengan menyembelih putra tercintanya Nabi Ismail, oleh karena itu semoga kita semua sebagai umat muslim mendapatkan barokah dan syafaat dari Allah SWT," imbuhnya.

Selain itu, Bupati Karna juga mengungkapkan dalam momentum hari yang Agung tersebut, dirinya mengajak masyarakat untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Mari kita menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT, dalam momen idul Adha 1445 Hijriah ini Allah memberikan contoh suri tauladan ketaatan nabi Ibrahim yang kemudian dikenal sebagai idul qurban yang manfaat dan berkahnya dirasakan dan dirayakan umat muslim di seluruh dunia," Pungkasnya.

0Komentar