GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Babinsa Koramil 0823/11 Besuki dan Kelompok Tani Bersatu untuk Peningkatan Ketahanan Pangan


SITUBONDO
- Serka Hartono, seorang Babinsa dari Koramil 0823/11 Besuki, mengambil bagian dalam pendampingan perawatan tanaman padi kepada kelompok tani di Desa Langkap, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan ketahanan pangan di wilayah tersebut, sebagai langkah konkret dalam mendukung program pemerintah untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas untuk masyarakat. Pendampingan ini dilaksanakan pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0823/11 Besuki ini merupakan bagian dari upaya khusus dalam mendukung swasembada pangan. Dengan memberikan bimbingan langsung terkait perawatan tanaman padi, Babinsa bertujuan untuk memperkuat keterampilan petani dan mendorong adopsi praktik pertanian yang lebih efisien.

Serka Hartono menjelaskan, "Kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian di tingkat lokal. Dengan terjunnya Babinsa dalam pendampingan ini, kami berharap dapat memotivasi para petani untuk meningkatkan produktivitas panen, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani."

Partisipasi aktif Babinsa dalam mendampingi kelompok tani dari tahap pemilihan benih, pengolahan tanah, penanaman, hingga perawatan tanaman, merupakan contoh nyata kolaborasi antara aparat militer dan masyarakat dalam upaya mencapai swasembada pangan.

"Masyarakat sangat berterima kasih atas kerjasama Babinsa yang selalu mendampingi mereka dalam setiap tahap pertanian. Kehadiran Babinsa memberikan motivasi tambahan bagi kami untuk bekerja lebih keras demi mencapai hasil panen yang maksimal," ujar salah seorang anggota kelompok tani.

Kolaborasi antara Babinsa Koramil 0823/11 Besuki dan kelompok tani menjadi contoh nyata sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan lokal. Langkah konkret ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan petani serta ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat. (*)

0Komentar