GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Melatih Kemampuan Sosial dan Kognitif Anak Usia Dini, Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya Ajak Murid TK Bermain Bofet Teka

Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya
Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya saat melakukan praktik Alat Peraga Edukasi bersama murid dan guru TK Al-Mursyidien Sukolilo Surabaya

SURABAYA - Melatih kemampuan sosial dan kognitif pada anak usia dini tentunya sangat berguna untuk membentuk kemampuan anak dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya pada masa depan.

Dengan dasar tersebutlah sejumlah mahasiswi psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) melakukan praktik melatih kemampuan sosial dan kognitif dengan menggunakan Alat Permainan Edukasi (APE) bersama murid dan guru di TK Al-Mursyidien Sukolilo, Surabaya. Rabu (12/6/2024) lalu.

Kelompok Mahasiswi yang terdiri dari 5 orang yakni Ayu Rizky Laili Fitriani, Vinka Syafitri Hendira Putri, Oki Aisyatun Hasanah, Rahma Fiqhi Zakiyati dan Aisyah Shafa Az Zahra, mengajak 40 murid TK berusia 5-6 Tahun untuk bermain Bola Estafet Tebak Kata yang kemudian disingkat menjadi BOFET TEKA dibantu guru.

Permainan ini dilakukan dengan cara membuat beberapa kelompok, setiap anggota kelompok berbaris saling berhadapan dengan menempelkan bola plastik kecil di antara dahi dua anggota kemudian diberikan ke teman selanjutnya dengan cara yang sama yaitu menggunakan dahi.
Murid TK Al-Mursyidien bersama mahasiswi psikologi Untag Surabaya saat bermain Bofet Teka
Murid TK Al-Mursyidien bersama mahasiswi psikologi Untag Surabaya saat bermain Bofet Teka
Dalam Permainan yang bertujuan untuk melatih kekompakan dan kerjasama anak ini, nantinya setiap kelompok yang paling cepat membawa bola plastik ke keeper (red-pengumpul bola) dianggap menang dan harus menebak huruf yang hilang pada suatu kata yang sudah ditentukan, jika berhasil menebak, maka kelompok tersebut akan menang dan mendapatkan hadiah.

Oki Aisyatun Hasanah, salah satu mahasiswa tersebut mengatakan penggunaan APE dalam pembelajaran anak usia dini dalam hal ini Murid TK Al-Musryidien dapat membantu murid dalam memaksimalkan kemampuan sosial dan kognitifnya.

"Penggunaan sistem belajar sambil bermain merupakan salah satu cara efektif dalam mempermudah anak usia dini dalam memahami sesuatu, kalau di praktik ini adalah kemampuan sosial dan kognitif, sehingga anak nantinya bisa berinteraksi dengan baik serta mampu beradaptasi dengan lingkungannya," Ujar Mahasiswi Psikologi Untag Surabaya yang akrab disapa Oki ini.

Selain itu saat dihubungi melalui sambungan telpon, Oki mewakili kelompoknya menjelaskan dengan penggunaan APE Bofet Teka itu, murid TK Al-Mursyidien bisa lebih fokus dan disiplin dalam belajar, dibandingkan dengan belajar dengan sistem dikte atau lisan (guru menjelaskan didepan papan).

"Rata-rata anak usia 5-6 tahun memiliki sifat aktif dan energik dalam mengeksplorasi lingkungannya sehingga sulit untuk fokus pada satu hal saja, dengan penggunaan APE ini murid dituntut untuk menggunakan kelima indranya dalam permainan Bofet Teka, terbukti saat dilaksanakan semua murid saling bekerjasama dengan kompak untuk meraih tujuan yang sama yaitu bagaimana caranya bola bisa cepat sampai dan bisa menebak kata lalu mendapatkan hadiah," Jelasnya.

Berdasarkan hasil praktik lapangan itu, 5 Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya tersebut berkesimpulan APE berhasil mengembangkan aspek sosial dan kognitif pada anak.

"Kesimpulannya penggunaan APE ini berhasil melatih anak mengembangkan kemampuan sosial dan kognitif pada murid TK Al-Mursyidien, namun demikian saran untuk penggunaan APE Bofet Teka adalah jangan menggunakan kata yang sulit untuk ditebak, serta jangan terlalu panjang membuat barisan kelompok, usahakan banyakan kelompoknya setiap kelompok hanya 4-5 anak saja sehingga membuat anak semakin terpacu rasa kompetitifnya dalam meraih tujuan yang sama," Pungkasnya. (*)

*Berita ini dibuat berdasarkan laporan penerapan Alat Permainan Edukatif (APE) di TK Al-Mursyidien, Sukolilo, Surabaya, oleh Mahasiswi program studi Psikologi, Fakulas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dengan Dosen Pengampu, Sayidah Aulia Ul Haque, M.Psi., Psikolog.

Nama Mahasiswa : Ayu Rizky Laili Fitriani [1512200030], Vinka Syafitri Hendira Putri [1512200049], Oki Aisyatun Hasanah [1512200053], Rahma Fiqhi Zakiyati [1512200293] dan Aisyah Shafa Az Zahra [1512200302]

0Komentar