GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Masak Air Ditinggal Mencari Rumput, Dua Rumah di Situbondo Ludes Terbakar

Kondisi Lokasi Kebakaran dua rumah, Di Desa Bungatan, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Selasa (17/9/2024). (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Diduga lupa sedang memasak air, dua rumah warga Dusun Krajan, Desa Bungatan, Kecamatan  Bungatan, Kabupaten Situbondo terbakar habis, Selasa (17/9/2024). 


Diketahui dua rumah tersebut milik satu keluarga yakni milik Safi'i (70) dan Hapipi (53) yang merupakan anak Safi'i. Saat kejadian Hapipi bersama istrinya mencari rumput, sedangkan Safi'i pergi sedang mandi di sungai.


Berdasarkan keterangan Dia, saksi yang enggan disebutkan namanya, Kobaran api terlihat pertama kali dari rumah pak Hapipi, saksi yang merupakan warga setempat itu kebetulan sedang berjalan di depan rumah lokasi kejadian lalu berteriak memberitahukan kepada warga sekitar.


"Saya kebetulan lewat depan lokasi, lihat api lumayan besar keluar dari bagian dapur rumah pak Hapipi, terus saya teriak, Warga yg mendengar ada kebakaran rumah langsung berdatangan dan bergotong royong melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya," jelas Dia.


Sementara itu, Koordinator Pusat Pengendalian Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD kabupaten Situbondo, Puriyono mengatakan informasi awal masuk sekira pukul 09.00 WIB, setiba dilokasi kejadian kondisi api sudah sangat besar dan membakar dua rumah kayu yang  berdempetan.


" Tadi warga bergotong royong memadamkan, dan warga yg lain menghubungi petugas Damkar wilayah Besuki, Anggota Polsek bungatan, Koramil , kecamatan bungatan yg mendapat laporan juga ikut membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, hingga beberapa menit Kemudian 1 unit Damkar wil Kec Besuki dan 1 unit Damkar wil. Mako Situbondo melakukan pemadaman dan pembasahan di lokasi kebakaran," Ungkap Puriyono.


Proses pemadaman tersebut berlangsung sekitar 2 jam, dan dipastikan padam pada pukul 11.00 WIB. Tidak ada korban luka dan korban jiwa dalam kejadian tersebut.


"Namun demikian, kerugian materil total ditafsir mencapai 30 juta rupiah untuk rumah Safi'i dan 40 juta rupiah untuk rumah Hapipi. Tidak ada satupun perabot dan benda lainnya yang bisa diselamatkan dalam kejadian tersebut atau semuanya hangus terbakar," Pungkasnya.

0Komentar