GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Satu Partai Jadi Penghambatan Pembentukan AKD DPRD Situbondo, Fraksi PKB Desak Pimpinan Sementara

Johantono, Anggota DPRD Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat dikonfirmasi di Kantor DPRD Situbondo, Selasa (17/9/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

SITUBONDO, POLITIK - Johantono, Anggota DPRD Situbondo dari fraksi partai kebangkitan bangsa (PKB) mendesak ketua sementara untuk meninggalkan satu fraksi partai yang hingga saat ini, Selasa (17/9/2024) belum menerima SK dari dewan pengurus pusat (DPP) partai, sehingga proses pelantikan ketua definitif dan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) menjadi terhambat.


Anggota DPRD, Johantono atau akrab disapa Jhon itu mengatakan, bahwa pada internal beberapa anggota DPRD sudah tidak menunggu terlalu lama lagi proses pembentukan pimpinan definitif, karena memang ada beberapa persoalan yang membutuhkan fungsi kontrol, fungsi budgeting menyangkut tentang penyusunan anggaran perubahan.


"Saya kira tidak perlu menunggu lengkapnya rekomendasi dari semua partai  yang sesuai dengan kursi yang didapat di masing-masing partai politik selaku pimpinan di DPRD," ujar Jhon.


Selain itu, Jhon mendesak dari ketua-ketua fraksi partai politik dan juga pimpinan sementara, harus segera mengambil keputusan. "Sebab informasi yang didapat, hanya satu partai yang belum menerima SK ketua dari DPP partainya belum turun kepada salah satu yang saat ini menjadi calon ketua DPRD," ungkapnya.


Jhon mengungkapkan, percepatan pembentukan pimpinan definitif dan beberapa badan di DPRD (red-AKD) menjadi sangat penting, sebab menurutnya hari ini banyak permasalahan yang harus dicari solusi dan jalan keluarnya.


"Terus terang sangat penting, ada banyak problem yang hari ini terjadi di pemerintah daerah, misalnya permasalahan layanan kesehatan gratis, pembagian bansos dan persoalan infrastruktur. Permasalahan ini harus segera diatasi," ungkapnya.


Namun demikian, Jhon mengatakan jika pimpinan sementara menghendaki sebenarnya bisa saja meninggalkan satu partai yang belum selesai dengan SK DPPnya, kemudian bisa disusulkan kemudian, sehingga fraksi lain tidak perlu menunggu terlalu lama.


"Kita tunggu intruksi dari pimpinan sementara dan ketua fraksi saja," jelasnya.


Menanggapi hal itu, Ketua Sementara DPRD Situbondo, Mahbub Junaidi mengatakan, akan mempertimbangkan dan menelaah masukan dan desakan dari FPKB di tingkat pimpinan. "Setelah itu, baru kita bisa memutuskan," jelasnya.

0Komentar