GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Dandim 0823 Situbondo Pimpin Penanaman 10.500 Bibit Pohon: Upaya Cegah Longsor dan Lestarikan Lingkungan


SITUBONDO
- Dalam upaya mencegah longsor dan melestarikan lingkungan, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Alexander A.B. S.E., memimpin kegiatan penanaman 10.500 bibit pohon di wilayah Kecamatan Jatibanteng. Kegiatan ini bertujuan untuk menghijaukan lahan kritis, sebagai langkah mitigasi terhadap bencana hidrometeorologi. Acara yang diselenggarakan bersama Pemerintah Kabupaten Situbondo ini melibatkan Bupati Situbondo, Drs. Karna Suswandi, MM, dan dilaksanakan pada Sabtu (09-03-2024).

Pelaksanaan apel penanaman bibit pohon di Kecamatan Jatibanteng melibatkan sekitar 250 peserta dari berbagai instansi, seperti TNI, Polri, Satpol PP, KPH, Tagana, Korpri, ASN, perangkat desa, dan Pramuka. Kegiatan ini diawali dengan apel yang dipimpin oleh Bupati Situbondo, Drs. Karna Suswandi, MM, dengan tema "Pemerintah Kab. Situbondo Bersama Kodim 0823 Situbondo Menyatu Dengan Alam." Komandan apel dijabat oleh Kapten Inf Adang Taufik, Danramil 0823-11/Besuki.

Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Alexander A.B. S.E., menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan langkah konkret untuk menjaga lingkungan dan mengurangi risiko bencana alam, terutama longsor. Meskipun wilayah tersebut belum mengalami bencana alam yang signifikan, namun langkah preventif seperti penanaman pohon di lahan kritis dianggap sebagai strategi yang efektif.

"Kita bersama-sama melaksanakan penanaman pohon pada lahan kritis sebagai upaya pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana hidrometeorologi. Ini merupakan inisiatif pemerintah kabupaten bersama Kodim 0823 Situbondo untuk mengurangi risiko bencana alam, khususnya longsor. Semoga wilayah Situbondo tetap terhindar dari bencana alam," ungkap Letkol Inf Alexander A.B. S.E.

Dalam penanaman bibit pohon ini, sebanyak 10.500 bibit buah dan pohon ditanam di lahan seluas 1,5 hektar. Pohon-pohon tersebut terdiri dari berbagai jenis yang diharapkan dapat memberikan manfaat baik dalam hal pelestarian lingkungan maupun ekonomi masyarakat setempat.

"Ada 10.500 bibit buah-buahan dan pohon. Apabila suatu saat tumbuh dan berbuah, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap kepada semua pihak untuk ikut serta dalam menanam pohon, baik itu pohon buah maupun pohon kayu. Mari kita wujudkan bersama kepedulian terhadap lingkungan di wilayah Situbondo," pungkas Letkol Inf Alexander A.B. S.E. (*)

0Komentar