GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Pastikan Stok dan Harga Sembako Jelang Ramadhan, Forkopimda Situbondo Sidak Pasar Tradisional


SITUBONDO
– Menghadapi bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba, Forkopimda Situbondo, dipimpin oleh Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H, bersama Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi, M.M., dan Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Alexander Arung Bua, S.E., melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional Panji dan Ardirejo, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, pada Jumat (8/3/2024).

Turun langsung ke lapangan, Forkopimda Situbondo ingin memastikan ketersediaan dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri. Kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan menjaga harga tetap terjangkau oleh masyarakat.

Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi, menjelaskan bahwa sidak ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengantisipasi dan memastikan stabilitas harga serta ketersediaan sembako selama bulan suci Ramadhan. Dalam hasil sidak, terungkap bahwa harga sebagian besar sembako mengalami fluktuasi, dengan turunnya harga sayur-mayur dan beras, sementara harga telur, daging ayam potong, daging sapi, dan kambing mengalami kenaikan.

”Kami akan terus memantau harga pasar selama bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri. Meskipun terjadi fluktuasi, namun untuk stok ketersediaan pangan di wilayah Kabupaten Situbondo saat ini dikonfirmasi masih dalam kondisi aman,” ungkap Bupati Karna.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menegaskan bahwa pemantauan stok dan harga bahan pokok bertujuan untuk mengawal ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pangan masyarakat. Ketersediaan pangan yang cukup dan harga yang terjangkau merupakan faktor penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Selama kegiatan sidak, tidak ditemukan penyimpangan seperti penimbunan bahan pangan atau kegiatan lain yang melanggar aturan sehingga menimbulkan keresahan masyarakat. Meski begitu, kepolisian bersama Pemerintah Daerah akan terus melakukan monitoring untuk mencegah dan mengatasi potensi masalah di masa yang akan datang," ujar Kapolres.

Dalam sidak pasar yang dilaksanakan di Pasar Tradisional Panji dan Ardirejo, Forkopimda Situbondo juga ditemani oleh Forkopimka Panji, Lurah Mimbaan, dan Lurah Ardirejo, serta Kepala Pasar Panji dan Pasar Ardirejo. Keberadaan seluruh pihak terkait menjadi bukti keseriusan dan keterlibatan semua unsur dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, sehingga masyarakat dapat menjalani bulan Ramadhan dengan lancar dan nyaman. (*)

0Komentar