GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Optimis Raih Adipura Tiga Kali Berturut-turut di 2024, Bupati Karna Yakin Cetak Sejarah Baru

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat mengarak trophy penghargaan Adipura keliling Kabupaten Situbondo menggunakan mobil Jeep terbuka, Kamis (7/3/2024). (Kutipantau.com)


Situbondo - Berhasilnya Kabupaten Situbondo meraih penghargaan Adipura ke dua kalinya dalam masa kepimpinan Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup Nyai Khoirani dirayakan dengan dalam acara mengarak Trophy tersebut keliling Kabupaten Situbondo, Kamis (7/3/2024).

Bupati Karna optimis, Kabupaten Situbondo bisa meraih piala adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Tinggal selangkah lagi keinginan Bupati Karna Suswandi bakal tercapai. Sebab, di masa kepemimpinannya bersama Wabup Nyai. Khoirani, Pemkab Situbondo telah meraih piala adipura dua kali berturut-turut. Yakni tahun 2022 dan 2023.

"Piala adipura tahun 2024 adalah piala adipura yang menentukan bagi Kabupaten Situbondo. Sejarah Kabupaten Situbondo tidak pernah mendapat piala adipura tiga kali berturut-turut. Kita akan berupaya semaksimal mungkin, kita akan berinovasi semaksimal mungkin agar bisa memperoleh piala adipura yang ketiga kalinya secara berturut-turut," ucapnya, usai mengarak trophy penghargaan Adipura keliling Kabupaten Situbondo, Kamis (7/3/2024).

Bupati Situbondo Karna Suswandi (kiri) dan Sekretaris Daerah Wawan Setiawan (kanan)

Karna Suswandi melanjutkan, piala adipura yang ketiga kalinya secara berturut-turut akan menjadi prasyarat bagi Kabupaten Situbondo untuk bisa mengikuti kontestasi piala adipura kencana. "Oleh karena itu, kami mohon dukungan dan partisipasi masyarakat Situbondo agar ke dapan kita bisa memperoleh piala adipura kencana," imbuhnya.

Pemkab Situbondo, kata Karna Suswandi akan berkomitmen untuk terus meningkatkan penghijauan, pengelolaan sampah hingga kebersihan lingkungan. Sehingga Kabupaten Situbondo kembali meraih piala adipura untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

"Ke depan kita akan terus berupaya dan berinovasi agar berbagai kegiatan yang menyangkut penghijauan kota, yang menyangkut kebersihan kota, dan yang menyangkut persampahan menjadi prioritas Pemkab Situbondo," tegasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Situbondo, Ahmad Yulianto menjelaskan, untuk penilaian adipura tahun 2023 meliputi peninjauan kebersihan kawasan perkotaan, ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH), pengelolaan sampah masyarakat atau bank sampah maupun pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir.

"Kalau yang sudah ada kita terus tingkatkan. Insyaallah piala adipura ini bisa kita pertahankan tahun depan," ujar Mantan Kepala DPMPTSP Situbondo ini.

0Komentar