GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Anak-Anak Dusun Polay Berebut Air di Lokasi TMMD 120 Situbondo

Anak-Anak Dusun Polay Berebut Air di Lokasi TMMD 120 Situbondo

SITUBONDO - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 yang dilaksanakan oleh Kodim 0823/Situbondo telah membawa kebahagiaan dan harapan baru bagi warga Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa. Di tengah hiruk-pikuk pengerjaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan pembuatan sumur bor oleh prajurit TNI dan masyarakat setempat, suasana keceriaan anak-anak Desa Jatisari turut memeriahkan lokasi pembangunan. Jumat (31/05/2024).

Kehadiran rombongan TNI, yang dipimpin oleh Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., (Aster Panglima TNI), dalam kunjungan kerja Tim Wasev TMMD ke-120 TA. 2024 di Wilayah Kodim 0823/Situbondo, menambah semarak suasana. Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya dikejutkan oleh antusiasme anak-anak Desa Jatisari yang berlarian riang di sekitar lokasi pembuatan sumur bor.

"Anak-anak Desa Jatisari begitu senang melihat air keluar untuk pertama kalinya dari sumur bor yang kami kerjakan. Mereka langsung berlarian dan berrebut untuk mandi di dekat Aster Panglima TNI," ujar salah seorang warga setempat.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., (Aster Panglima TNI) mengungkapkan kebahagiaannya melihat reaksi positif anak-anak tersebut. "Ini adalah momen yang menggembirakan bagi kami, karena menunjukkan bahwa pekerjaan kami memberikan dampak langsung dan signifikan bagi masyarakat, terutama anak-anak yang merupakan masa depan bangsa," katanya.

Di sisi lain, Letkol Inf. Alexander AB, SE., Dandim 0823/Situbondo, selaku Komandan Satgas, menjelaskan bahwa TMMD ke-120 ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu proyek utamanya adalah rehabilitasi RTLH dan pembuatan sumur bor dengan kedalaman 1,50 meter, yang telah membuahkan hasil dengan keluarnya air bersih yang cukup baik.

"Dengan adanya sumur bor ini, kami berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat, meningkatkan perekonomian, serta memenuhi kebutuhan pokok akan air bersih," tambahnya.

Program TMMD ke-120 di Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, tidak hanya fokus pada pembangunan fisik infrastruktur, tetapi juga memperkuat rasa gotong royong dan sinergi antara TNI dan masyarakat. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif warga dalam proses pembangunan, serta kebahagiaan yang terpancar dari wajah anak-anak Desa Jatisari saat mereka bisa merasakan air bersih secara langsung.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tonggak pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di Desa Jatisari. Dengan semangat kemanunggalan TNI-Rakyat, diharapkan program TMMD ke-120 ini dapat memberikan dampak yang nyata dan berkelanjutan bagi perkembangan wilayah pedesaan di Indonesia. (*)

0Komentar