GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Hari Mangrove Sedunia, PT. PLN Nusantara Power Services Tanam Bibit Mangrove di Tepian Bendungan Sampean Baru

Hari Mangrove Sedunia, PT. PLN Nusantara Power Services Tanam Bibit Mangrove di Tepian Bendungan Sampean Baru bersama stakeholder setempat, Jumat (26/7/2024). (Foto: istimewa)
BONDOWOSO - Hari Mangrove Sedunia Yang diperingati setiap tanggal 26 Juli, PT PLN Nusantara Power Services Unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Sampean Baru menggelar kegiatan penanaman bibit mangrove bersama di tepian sungai bendungan sampean baru/ Desa Tapen, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, Jumat (26/07/2024) Pagi.

Acara yang dilaksanakan bersama dengan Pengelolaan Bendungan BBWS Brantas, Babinsa serta Babinkamtibmas (red- Stakeholder) ini mengusung tajuk "Melindungi Alam Menciptakan Harapan Aksi Lestarikan Lingkungan Dengan Penanaman Mangrove".

Dalam kesempatan tersebut, Ferry selaku Koordinator BBWS menyebut bahwa penanaman puluhan bibit mangrove ini baru pertama kali dilaksanakan di Area Sungai Bendungan.

"Pemilihan lokasi ini diharapkan saat mangrove ini nanti dapat tumbuh dan berkembang dapat menjadi penguat tanah sehingga mengurangi dampak erosi di Lahan Tepian Sungai sebelum masuk ke Area Bendungan kami," ujarnya.

Sementara itu, Qomaruddin Mukti selaku SPV. Unit PLTMH Sampean Baru menyebut, PLTMH Sampean Baru memang jauh lokasinya dari Area pantai. "Namun tentunya kami tetap turut serta dapat memberikan program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan," jelas SPV Unit PLTMH Sampean Baru itu.

Pemilihan bibit pohon mangrove untuk ditanam di tepi bendungan PLTMH Sampean Baru, kata Qomaruddin bukan tanpa dasar sebab pihaknya sudah berkoordinasi serta mendapatkan pengetahuan langsung dari penyedia bibit di Lokasi Mangrove Pantai Blekok Situbondo.

"Mungkin banyak yang bertanya kenapa kok nanam mangrove di tepian bendungan, jadi kami sudah berkoordinasi dengan penyedia bibit, ternyata Pohon Mangrove ini tidak hanya bisa hidup di air laut saja, tapi juga bisa hidup di Air Tawar dan Payau, inilah alasan kami menanam Pohon Mangrove selain bisa mengurangi efek erosi, untuk jenis mangrove yang ditanam adalah jenis Rhizophora mucronata," ungkapnya.
Hari Mangrove Sedunia, PT. PLN Nusantara Power Services Tanam Bibit Mangrove di Tepian Bendungan Sampean Baru
Qomaruddin berharap, aksi sosial penanaman pohon mangrove di Lahan sungai seperti ini dapat mengisnpirasi pihak lainnya, berkelanjutan hingga dapat berkontribusi untuk melestarikan lingkungan.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut, mendapatkan apresiasi dari Lolok Sugianto selaku Babinsa Desa Tapen, Koramil Kecamatan Tapen, dia mengatakan apa yang dilakukan oleh PT PLN Nusantara Power Services merupakan hal bagus dan harus ditiru, sebab menurutnya menanam pohon mangrove di tepian sungai sangat jarang dilakukan karena masyarakat mengiranya mangrove hanya ditanam di Pinggir Pantai.

"Terima kasih telah mengajak bekerjasama dalam peringatan Hari Mangrove Ini, kegiatan sinergi dan kolaborasi semacam ini diharapkan ke depan terus berkelanjutan dengan baik," Pungkasnya.

0Komentar