GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Momentum Harhubnas 2024, Dishub Situbondo: Kapal Cepat Bakal Layani Rute Jangkar-Kepulauan Madura

Kabid Lalu Lintas, Dishub kabupaten Situbondo, Rahayu atau akrab disapa Yayuk, Selasa (17/9/2024) saat dikonfirmasi di kantornya. (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Pada momentum Hari Perhubungan Nasional atau  Harhubnas 2024, yang diperingati setiap tanggal 17 September mengusung tema "Transportasi Maju, Nusantara Baru", Dinas Perhubungan (Dishub) Situbondo dan Pemprov Jawa Timur tengah menggagas adanya kapal cepat di Pelabuhan Jangkar. Kapal tersebut nantinya melayani rute Jangkar-Kepulauan Madura.


Kepala Dishub Situbondo, Rikwan Sugihartono melalui Kabid Lalu Lintas Rahayu menyampaikan, Pemprov Jawa Timur mendukung penuh adanya kapal cepat di Pelabuhan Jangkar. Sebab, keberadaan kapal cepat sangat dibutuhkan untuk efisiensi waktu.


"Selama ini kan yang ada di Pelabuhan Jangkar ini kapal reguler. Harapannya ada kapal cepat, sehingga efektifitas dan efisiensi waktu ini semakin baik," ujarnya saat ditemui para awak media, Selasa, 17 September 2024.


Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Yayuk ini mengatakan, kapal cepat ini nantinya melayani rute Jangkar ke beberapa pulau di Sumenep Madura. Yaitu Kangean, Sapudi, Raas, dan Kalianget. "Pada intinya kapal cepat ini melayani rute Jangkar-Kepulauan Madura," bebernya.


Menurut Yayuk, keberadaan kapal cepat di Pelabuhan Jangkar sudah ada kajiannya. "Daya dukung itu sangat dibutuhkan, karena yang diangkut itu komoditi-komoditi yang membutuhkan waktu secepat mungkin untuk sampai di Kepulauan Madura. Nah untuk itu provinsi pastinya punya kajian khusus," tegasnya.


Untuk diketahui, saat ini ada tiga unit armada kapal feri lintasan penyeberangan Jangkar ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura. Yakni KMP Mugiyango Hulalo rute Jangkar-Kalianget-Kangean, KMP Wicitradharma I rute Jangkar-Sapudi-Kalianget dan KMP Dharma Kartika rute Jangkar-Raas-Kalianget. 

0Komentar