GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Jelang Ramadhan, Bupati Situbondo Sidak Stok dan Harga Bahan Pangan

Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat giat sidak bahan pangan di Pasar Ardirejo, Kecamatan Panji, Jumat (8/3/2024). (Kuripantau.com)

Situbondo - Jelang bulan suci Ramadhan, Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompinda), melakukan sidak di dua pasar tradisional yakni pasar Panji dan Pasar Ardirejo Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo, Jumat (8/3/2024).

Dalan sidak tersebut, bupati Karna dan rombongan Forkompinda, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Alexander A.B. S.E., Kepala Pengadilan Negeri Situbondo Achmad Rasjid, meninjau ketersediaan stok bahan pangan dan kondisi harga sejumlah kebutuhan pokok.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjelaskan jika stok dan harga bahan pangan menjelang Ramadhan terpantau aman, bahkan beberapa bahan pangan mengalami penurunan.

"Harga beras setalah kami pantau Alhamdulillah mengalami penurunan, dari sebelumnya Rp.15.500 turun menjadi Rp.14.500, Telur dan Daging ayam naik, sayur-sayuran turun, cabai turun, kentang turun," ujar Bupati Karna Suswandi usai sidak di pasar Ardirejo.

Bupati Situbondo Karna Suswandi, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Alexander A.B. S.E.

Giat sidak yang dilakukan oleh Bupati Karna Suswandi bersama Forkompinda tersebut disambut baik oleh warga yang sedang berbelanja pun juga oleh para pedagang.

Ketersediaan stok bahan pangan dijamin aman, kata Bupati Karna sebab sebentar lagi Kabupaten Situbondo akan panen raya juga dibeberapa daerah sekitarnya.

"Sebentar lagi kabupaten Situbondo panen raya, sehingga untuk stok dan harga barang khususnya beras insyallah akan mengalami penurunan dan akan terus stabil," Imbuhnya.

Bupati Karna berharap, masyarakat jangan menumpuk dan memborong bahan pangan karena takut stok tidak aman, sebab dirinya menjamin ketersediaan stok akan aman hingga lebaran atau hari raya Idul Fitri.

"Tidak perlu menumpuk atau beli barang terlalu berlebih-lebihan, karena ketersediaan dan harga akan terus kami pantau dan kami akan pastikan aman hingga Idul Fitri," Tegasnya.

Sementara itu, Ilham salah satu pedagang di Pasar Ardirejo Situbondo mengatakan jika ada beberapa barang yang baik seperti Daging ayam Rp38 ribu per-kilogram sebelumnya 32 ribu.

"Kenaikan daging ayam ini sudah sekitar dua mingguan. Ada penurunan daya beli sekarang hanya mampu menjual sekitar satu kuintal dulu masih harga 32 ribu 2 kuintal," ungkap Ilham.

Tidak hanya itu, Ilham juga menjelaskan harga Beras medium 14.500, turun dari 15.200 per-kilogram sedangkan Beras premium 15.200 turun dari sebelumnya 16.000 per-kilogram.

"Gula 16.500 kemarin 14.000 per-kilogram,
Minyak goreng curah naik sebelumnya 15.500 sekarang 16.500 per-kilogram, Tomat kemarin 12.000 per-kilogram sekarang 15.000 per-kilogram," ungkapnya.

Sedangkan untuk Cabai rawit, kata Ilham turun dari sebelumnya 50 ribu menjadi 43 ribu per-kilogram. "Daging sapi stabil 120 ribu perkilogram," Pungkasnya.(*)

0Komentar