GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Kodim 0823 Situbondo Gelar Tanam Perdana Jagung di Lahan 1,5 Hektar untuk Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Kodim 0823 Situbondo melaksanakan tanam perdana jagung sepanjang 1,5 hektar sebagai bagian dari program ketahanan pangan nasional.(Foto: Penerangan Kodim Situbondo for Kutipantau)

SITUBONDO
- Dalam langkah strategis untuk mendukung ketahanan pangan nasional, Kodim 0823 Situbondo melaksanakan kegiatan tanam perdana jagung secara serentak. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat dan Pangdam V/Brw di seluruh wilayah Kodam V Brawijaya. Di wilayah Kabupaten Situbondo, penanaman jagung perdana ini berlangsung di Dusun Pathek Timur RT 01 RW 01 Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, dengan luas lahan mencapai 1,5 hektar. Penanaman jagung dipimpin oleh Dandim 0823/Situbondo, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo serta Forpimca Panarukan pada Minggu, 3 Maret 2024.

Program penanaman jagung serentak ini merupakan inisiatif dari Kodam V Brawijaya, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mendukung program lumbung pangan nasional, serta memberikan kontribusi positif pada pembangunan mandiri di sektor pertanian dan industri.

Dalam sambutannya, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Alexander. A. B., S.E, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Program Panglima TNI dan Kasad, di mana hari ini adalah penanaman jagung secara serentak. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

"Melalui perluasan areal tanam jagung, kita berharap dapat mencapai keberhasilan dalam mendukung Program Lumbung Pangan Nasional. Jagung menjadi komoditi pangan yang strategis, dan penanaman secara serentak ini merupakan langkah nyata dalam mendukung ketahanan pangan di tingkat nasional," ucap Letkol Inf Alexander.

Diharapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi contoh dan motivasi bagi petani lokal tetapi juga dapat sukses hingga masa panen dengan hasil yang maksimal. Dandim juga meminta dukungan serta bimbingan dari semua unsur, baik dari instansi pemerintahan, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat setempat, untuk menyukseskan kegiatan penanaman jagung ini.

Tidak hanya dihadiri oleh Dandim 0823 Situbondo, kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat, seperti Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, Camat Panarukan, Kapolsek Panarukan, Danramil jajaran Kodim 0823 Situbondo, Kabid Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, Kades Duwet, kelompok tani Desa Duwet, serta para petani setempat. (*)

0Komentar