GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Wujudkan Situbondo Sehat, Ratusan Kelompok Aduh Gemulai Dalam Lomba Senam Kreasi Bhunga Rassa Ate

 

Dua kelompok senam saling aduh kekompakan dan gemulai gerakan senam kreasi Bhunga Rassa Ate, Rabu (17/7/2024) di Gedung PGRI Situbondo. (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Dalam rangka mewujudkan situbondo sehat, gabungan praktisi senam kabupaten Situbondo mengadakan lomba senam kreasi dengan tema lagu Bhunga Rassa Ate, Rabu (17/7/2024) yang dilaksanakan di Gedung PGRI, Sumberkolak, Situbondo.

Sebanyak 207 kelompok senam saling aduh gemulai dan kekompakan dalam lomba tersebut untuk memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 17 Juli 2024 hingga 21 Juli 2024.

Koordinator panitia lomba senam kreasi Situbondo, Handoko menjelaskan jika semua kelompok terdiri dari 8 orang yang semuanya adalah masyarakat umum.

"Pesertanya masyarakat umum, siapa saja boleh mendaftar asalkan berdomisili di Kabupaten Situbondo semuanya, mau masyarakat kota maupun pedesaan, untuk jenis lomba ini adalah senam kreasi yang tema dan gerakannya sudah ditentukan oleh panitia dan dipublikasikan oleh panitia jauh sebelum lomba diadakan, sedangkan lagu wajib menggunakan lagi Bhunga Rassa Ate," ujar Handoko.

Selain itu, Handoko juga mengungkapkan jika untuk jumlah peserta yang dilombakan pada hari pertama yakni Rabu (17/7/2024) sebanyak 67 kelompok senam.

"Untuk hari kedua dan ketiga sebanyak 70 kelompok sehingga total peserta ada 207 kelompok senam, sedangkan untuk final diambil 10 besar dan pengumuman juara 1,2 dan 3 sampai 10 pada hari Minggu (21/7/2024)," ungkapnya.

Dalam kegiatan lomba tersebut, kata Handoko hadiah yang diberikan tidak main-main yakni senilai total puluhan juta rupiah. "Juara 1 hadiahnya Rp. 10 juta, juara 2 Rp. 7,5 juta dan untuk juara 3 senilai Rp. 5 juta, sedangkan 4 sampai 10 juga dapat uang pembinaan juga dengan nominal yang berbeda," kata Handoko.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Situbondo Karna Suwandi dan Wakil Bupati Nyai Hj Khoirani tersebut Handoko menambahkan, jika tujuan kegiatan ini hanya untuk mengajak masyarakat untuk hidup sehat, terutama untuk Perempuan atau ibu-ibu.

"Perempuan itu kan kegiatannya banyak, mengurus rumah, mengurus keluarga, belum lagi yang wanita karir oleh karena itu untuk menjaga kesehatan dianjurkan untuk olahraga dalam hal ini senam, kalau ibu-ibu sehat pekerjaan rumah dapat selesai dengan baik," imbuhnya.
Salah satu Perseta lomba senam kreasi Bhunga Rassa Ate
Sementara itu, Bupati Karna Suwandi mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh gabungan praktisi senam Situbondo itu mengungkapkan jika kegiatan semacam ini.

"Kegiatan lomba senam ini sangat bagus untuk menyehatkan masyarakat, senam ini bisa dilakukan dimana saja dirumah, sanggar senam atau alun-alun, sehingga menjadi olahraga yang merakyat baik kota hingga ke desa," ungkap Bupati.

Bupati Karna menegaskan kalau lomba tersebut harus sportif, jujur tidak ada titip menitip peserta. "Penilaian harus objektif, sportif, dinilai berdasarkan kekompakan bukan berdasarkan kelompok siapa," Tegas Bupati Karna.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna itu berharap kegiatan lomba senam ini dapat menyehatkan masyarakat, masyarakat mulai dari kota hingga desa bisa sehat.

"Mari sehatkan masyarakat, kenalkan olahraga senam agar terwujud Situbondo sehat," Pungkasnya.

0Komentar