GpG8BSClGpG6TfroGpC8GSM9Gi==

Situbondo Fishing Camp 2024, Cara Pemerintah Promosikan Wisata Bahari

Suasana peserta sebelum memulai perlombaan memancing Situbondo Fishing Camp 2024 di Pantai Sijile Taman Nasional Baluran Situbondo, Minggu (30/6/2024). (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten Situbondo. Melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat, Pemkab Situbondo mengadakan lomba memancing bertajuk Situbondo Fishing Camp 2024, di Pantai Sijile Kawasan Taman Nasional Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Minggu (30/06/2024).

Situbondo Fishing Camp 2024 yang dilaksanakan Disnakkan Situbondo ini menawarkan hadiah total total sebesar Rp40 Juta dan diikuti oleh 86 tim dari Provinsi Bali, DIY, Jateng, Jabar, DKI Jakarta, NTB dan Jawa Timur serta daerah lain di Indonesia.

Hingga akhir perlombaan, ikan terberat yang berhasil dipancing yakni jenis ikan kobia atau ikan gabus laut (Rachycentron canadum) berukuran ‘monster’ seberat 34 kilogram hasil pancingan Tim Gebang Tackle. Tim asal Jember ini beranggotakan 4 orang yakni Febrian Tri Laksono; Febianus Jundianto; Ibnu Habibi dan Yunazil Arisqi. Merela pun berhasil keluar sebagai pemenang dalam Situbondo Fishing Camp 2024.
Ikan kobia atau ikan gabus laut (Rachycentron canadum) berukuran ‘monster’ seberat 34 kilogram
Perlombaan yang dibuka langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi ini juga melakukan kegiatan melepas benih ikan kakap, tukik, udang dan kepiting, penanaman mangrove serta membersihkan sampah di pinggir Pantai Sijile.

Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan Fishing Camp tersebut agar menjadi agenda rutin tahunan Pemkab Situbondo.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo yang telah melaksanakan Situbondo Fishing Camp tahun 2024 dan para peserta mancing yang datang dari berbagai daerah luar Provinsi Jawa Timur," kata Bupati Situbondo.

Lebih lanjut, Bupati Situbondo mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk mengenalkan potensi wisata-wisata bahari yang ada di Kabupaten Situbondo.

"Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap potensi bahari di Kabupaten Situbondo semakin dikenal orang luar Kabupaten Situbondo.

Sementara itu, Made Kertayasa, salah satu angler asal Buleleng, Provinsi Bali mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa mengikuti Situbondo Fishing Camp 2024 di Pantai Sijile kawasan Taman Nasional Baluran.

"Saya meyakini spot-spot yang ada di kawasan perairan Pantai Sijile berpotensi dengan ikan-ikan besar. Sebab, kondisi lautnya masih banyak terumbu karangnya," kata Made.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Akhmad Junaidi mengatakan, kegiatan Situbondo Camp Fishing 2024 ini merebutkan total hadiah Rp.40 juta.

"Dalam kegiatan ini, kita juga melaksanakan lomba makan ikan, lomba bola volly, pelepasliaran tukik, penanaman bibit pohon, potong rambut gratis, bansos, penjualan sembako murah dan dilaksanakan hiburan tradisional," ujar Junaidi.

0Komentar